Cara Agar Kamera iPhone tidak Mirror, Begini Tipsnya

cara agar kamera iphone tidak mirror

Cara agar kamera iPhone tidak mirror sebenarnya bisa di atasi dengan mudah. Sebagai pengguna iPhone, kamu pasti sudah menyadari bahwa kamera depan HP kamu menggunakan sistem mirror alias "cermin" sehingga membuat gambar hasil jepretan atau rekaman dari kamera depan akan tampak terbalik dari realita yang ada.

Sisi kanan akan berubah menjadi sisi kiri, begitu pun sebaliknya. Ini memang sudah menjadi ciri khas iPhone, karena efek mirror pada kamera depan iPhone digagas langsung oleh Apple dengan tujuan agar kamu bisa melihat foto diri kamu sebagaimana orientasi pandangan orang lain yang melihat diri kamu dari depan.

Namun ternyata tidak semua orang menyukai hal tersebut dan bisa jadi kamu pun salah satunya. Sehingga para pengguna IP yang tidak menginginkannya akan mencari cara agar kamera depan iPhone tidak mirror. Tidak perlu khawatir, karena di sini akan kami berikan solusinya untuk kamu.

Cara Agar Kamera Depan iPhone tidak Mirror

Secara default kamera depan iPhone akan menampilkan gambar yang terlihat seperti cermin (mirror image) ketika kamu menggunakan aplikasi kamera bawaan. Hal ini sebenarnya adalah pengaturan standar yang sengaja dibuat Apple untuk memudahkan kamu dalam mengambil foto selfie sehingga kamu dapat melihat diri kamu sendiri seperti dalam cermin.

Jika kamu ingin menonaktifkan efek cermin pada kamera depan iPhone agar gambar terlihat seperti yang seharusnya, kamu dapat mengikuti 3 cara yang akan saya bagikan di bawah ini.

1. Atur Fitur Mirror Front Camera iPhone

Salah satu fitur agar kamera depan iPhone tidak mirror adalah dengan memanfaatkan fitur Mirror Front Camera. Namun sayangnya cara ini hanya berlaku untuk tipe iPhone terbaru saja dengan sistem iOS minimal 14. Meskipun kamu sudah memperbarui sistem iOS ke seri terbaru, namun sayangnya cara ini tetap tidak bisa digunakan.

Maka bagi kamu yang memiliki iPhone dengan keluaran terupdate, bisa coba fitur ini untuk mengatasi masalah mirror camera di HP kamu. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Pertama-tama masuklah ke menu Pengaturan di iPhone kamu.
  2. Kemudian scroll ke bawah hingga menemukan menu Kamera.
  3. pengaturan kamera iphone
  4. Selanjutnya kamu buka ke sub bagian Komposisi.
  5. Di sini kamu akan menemukan setingan Cerminkan Foto Depan.
  6. pengaturan kamera depan iphone
  7. Silakan aktifkan dengan cara geser tombol ke arah kanan.
  8. agar kamera iphone tidak mirror

Jika sudah, silakan keluar dari pengaturan kemudian cek dengan menggunakan kamera depan. Untuk melihatnya hasilnya silahkan tes foto selfi dan lihat hasilnya.

Langkah-langkah di atas juga bisa untuk mengatasi agar kamera iPhone tidak mirror saat video call Whatsapp. Karna fitur Mirror Front Camera sudah diaktifkan, maka menggunakan aplikasi panggilan video apapun akan mengikuti settingan kamera iPhone itu sendiri.

Artikel yang mungkin menarik untuk kamu ketahui juga → iPhone yang Ada Kamera Ultra Wide

2. Edit dengan Fitur Flip Photo

Bagi kamu yang HP nya belum mendukung fitur Mirror Front Camera, maka tidak perlu khawatir. Karena masih ada cara agar kamera iPhone tidak mirror lainnya yaitu dengan memanfaatkan fitur flip photo. Memang fitur ini harus diterapkan secara manual pada hasil foto yang sudah kamu ambil jadi tidak bisa dilakukan secara otomatis.

Namun cara ini tidak ada salahnya untuk dicoba jika kamu memang menginginkan hasil foto yang tidak mirror di HP kamu. Caranya juga mudah saja, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka aplikasi Photos yang ada di iPhone kamu.
  2. Lalu pilih foto yang hendak kamu edit menjadi tidak mirror.
  3. Selanjutnya pilih menu Edit pada foto.
  4. Masuklah ke menu Tools pada fitur edit photo.
  5. Pilih fitur Flip yang terdapat pada bagian pojok kanan atas layar HP kamu.
  6. Jika sudah kamu bisa menyimpan hasil editing foto kamu.
  7. Dengan demikian hasil foto kamera depan kamu sudah tidak mirror lagi.

3. Gunakan Aplikasi Adobe Photoshop Express

Selain menggunakan cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi lain untuk membuat hasil foto atau jepretan kamera kamu tidak lagi mirror. Salah satunya adalah dengan menggunakan Adobe Photoshop Express.

Untuk menggunakan aplikasi ini kamu harus menginstalnya terlebih dahulu di App Store di HP kamu. Lalu edit foto yang hendak kamu ubah orientasinya dengan menggunakan fitur Flip yang ada di aplikasi editor tersebut. Cara agar kamera iPhone tidak mirror yang satu ini juga cenderung mudah.

Akhir Kata

Dengan cara-cara simpel di atas, kamu bisa mendapatkan hasil selfie yang sesuai dengan ekspektasimu, tanpa harus repot-repot lagi dengan efek cermin yang mengganggu! Jadi, mulai sekarang, selfie tanpa cermin jadi lebih mudah!

Posting Komentar untuk "Cara Agar Kamera iPhone tidak Mirror, Begini Tipsnya"