iPhone WiFi Only: Kelebihan, Kekurangan & Cara Memperbaikinya

iphone wifi only

iPhone WiFi only mungkin istilah yang sering kali kamu jumpai dan membuat kamu bingung mengartikannya. Bagi kamu yang sedang menari iPhone, mungkin sering melihat informasi pada grup jual beli yang menjual WiFi only tersebut.

Sebagian besar orang mungkin saja belum memahami maksud dari istilah tersebut. Sehingga untuk mengurangi kebingungan kamu, simak artikel ini sampai selesai ya.

Apa Itu iPhone WiFi Only?

Maksud iPhone WiFi only adalah iPhone yang hanya bisa kamu operasikan menggunakan jaringan WiFi saja. Sehingga aktivitas apa pun yang kamu lakukan menggunakan internet hanya bisa menggunakan WiFi sedangkan untuk penggunaan koneksi dari provider tidak bisa kamu lakukan.

Istilah ini juga sering kamu temui pada iPad yang berkaitan dengan aktivitas jaringan dari berbagai jenis produk Apple. Ketika kamu menggunakan iPhone tanpa jaringan WiFi maka hanya bisa menggunakannya secara offline saja.

Kamu tidak bisa melakukan berbagai aktivitas seperti streaming, browsing, chatting dengan aplikasi, dan sebagainya. kamu harus mencari jaringan WiFi untuk bisa terhubung ke dalam internet untuk melakukan berbagai aktivitas tersebut.

Kelebihan iPhone WiFi Only

Kelebihan iPhone WiFi only bisa kamu lihat dari harganya yang terjangkau daripada yang mendukung paket data seluler. iPhone WiFi only harga tergantung versi dan kondisi iPhone, contoh iPhone boba WiFi only harga sekitar 5-7 jutaan.

Penggunaan iPhone ini juga lebih hemat baterai karena kamu hanya bisa mengakses internet ketika terhubung ke jaringan WiFi saja. Sehingga cocok sebagai alternatif bagi kamu yang ingin memiliki iPhone dengan budget terbatas dan hemat baterai.

Namun kamu juga harus mempertimbangkan soal aktivitas yang saat ini hampir semua didukung dengan koneksi internet. Sebab, nantinya orang-orang tidak bisa menghubungi kamu saat tidak ada jaringan WiFi tersebut.

Dan jika ada yang bertanya iPhone WiFi only apakah aman? Tentu saja, iPhone WiFi only aman digunakan sama seperti iPhone pada umumnya, hanya saja terdapat beberapa kekurangan yang cukup mengganggu aktivitas penggunaan iPhone.

Kekurangan iPhone WiFi Only

Tentu saja kekurangan iPhone WiFi only sangat bergantung pada ketersediaan jaringan WiFi. Tanpa adanya koneksi tersebut, kamu tidak bisa menggunakannya untuk akses internet secara leluasa.

Penggunaan iPhone ini biasanya untuk kamu yang tidak membutuhkan akses internet ketika harus keluar dari rumah atau kantor. Bisa juga sebagai alternatif untuk menunjang hobi gaming kamu saja. Sehingga kamu tetap harus memiliki ponsel lain yang mendukung jaringan seluler.

iPhone WiFi only juga tidak bisa menggunakan WhatsApp, kenapa? Karena untuk menggunakan WhatsApp kita harus melakukan verifikasi no hp bukan, sedangkan iPhone WiFi only tidak bisa memasang kartu perdana Indonesia.

Penyebab iPhone WiFi Only

Bagi kamu yang bertanya-tanya iPhone WiFi only kenapa dan mengapa iPhone hanya mendukung jaringan WiFi saja, yuk simak berikut ini penjelasan mengenai penyebabnya.

IMEI Terblokir

Apabila kamu membeli iPhone kondisi bekas yang bukan iPhone iBox, sebaiknya perhatikan pula kode lokasi asalnya. Sebab banyak beredar iPhone Ex Inter di Indonesia yang sebagian tidak sesuai dengan kriteria dari standar IMEI lokal.

Barang tersebut biasanya masuk ke Indonesia secara ilegal tanpa membayar pajak. Sehingga IMEI yang ada dalam iPhone tidak bisa kamu registrasikan dan terblokir dari sistem sebagai bentuk dari pelanggaran.

IMEI yang terblokir ini membuat status jaringan kamu memiliki simbol silang. Sehingga kamu tidak bisa menggunakan provider apa pun yang ada di Indonesia.

Bypass

Bypass merupakan metode yang sebenarnya memiliki risiko tinggi untuk iPhone. Sebab penyelesaian permasalahan yang ada pada iPhone menggunakan metode bypass yang berpengaruh pada kartu SIM. Jika kondisinya demikian, kamu hanya bisa menggunakan iPhone menggunakan jaringan WiFi.

Kerusakan pada Slot SIM Card

Jika kamu membeli iPhone bekas bisa saja mengalami kerusakan pada slot SIM Card. Sehingga kamu tidak bisa menggunakan SIM dari provider apa pun. Kerusakan tersebut bisa karena usia iPhone yang sudah terlalu tua, penggunaan yang terlalu kasar, terkena air hingga pernah jatuh atau service sebelumnya.

iPhone WiFi Only Bisa diperbaiki?

iPhone WiFi only bisa saja diperbaiki, tergantung kerusakan apa yang terjadi pada iPhone tersebut. Misalnya kamu sudah mengetahui penyebab yang membuat iPhone kamu menjadi WiFi only adalah IMEI yang terblokir, maka kamu harus mendaftarkan IMEI iPhone tersebut. Kamu bisa mendaftarkan IMEI iPhone melalui situs Kemenperin agar bisa menjadi iPhone all operator.

Untuk soal biaya perbaikan iPhone WiFi only, lagi-lagi itu tergantung pada kerusakan iPhone dan penyedia layanan perbaikan iPhone.

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang iPhone WiFi only lengkap dengan kelebihan, kekurangan, penyebab serta cara memperbaikinya. Sebaiknya kamu membeli iPhone dari toko resmi yang menyediakan iPhone original dan sudah sesuai dengan standar yang ada di Indonesia.

Posting Komentar untuk "iPhone WiFi Only: Kelebihan, Kekurangan & Cara Memperbaikinya"